Sabtu, 01 September 2012

Ngantuk 'ala Semedi?

Baru saja 5 menit, nich mata kok susah amat diajak kompromi. Niatnya sih mau konsentrasi, but ngangkat mata aja dah gak kuat". Itulah sebagian problem pelajar kalau sudah di depan buku.
Sobat remaja, kasus semacam itu nggak cuman menimpa
kamu-kamu yang lagi belajar. Baru saja duduk beberapa menit, ech ... rasa ngantuk dan lesu tiba-tiba datang. Makannya Raratang ber4 mau nanya, mereka bersemedi apa ngantuk sih? Kalau kayak gitu gimana kamu bisa loading  mata pelajaranmu?
Jika penyakit seperti ini kamu alami dan kamu biarkan begitu saja, bisa-bisa studimu bakal amburadul 'gak karuan, so pasti kamu nggak bakal mau kan? Kecuali kalau emang kamu udah 'gak peduli' ma nilai-nilai kamu di sekolah (ups !!! Jangan sampe deh kayak gitu !). Nah makanya ada rahasia nya, only for u: the teenagers! Gimana sih mengatasi masalah yang satu ini?

Penyabab Solusi
Mungkin kamu kurang tidur. Kasus seperti ini paling banyak dijumpai di banyak sekolah. Gara-gara kamu begadang semalaman, sewaktu di kelas kamu tuh bawa-bawaannya serasa di awang-awang, bukan awang-awang puncak langit, tapi awang-awang berada di kasur yang empuk alias ngantuk abis. Bisa juga karena kamu belajar "wayangan" alias SKS (Sistem Kerja Semalam). Dan banyak juga mereka yang langganan ngantuk dikelas gara-gara nonton sepak bola, smsan ama si dia, atau chattingan sampai larut malam. Kalo penyebabnya kayak gitu sebenarnya sih solusinya balik lagi sama diri kamu sendiri. Raratang ber4 punya usul coba atur waktu kamu dengan lebih baik. Prioritaskan waktu untuk belajar. Belajar dengan berharap lho  ya... jangan wayangan !
Kekeyangan tidur ternyata malah bukan menjadikan kamu nggak mudah ngatuk. Tapi justru sebaliknya bikin kamu ngantuk terus karena terlalu lama dibuaian sang bantal. coba deh... cukupkan waktu tidurmu dengan baik, jangan kelebihan atawa kekurangan karena dijamin bisa bawa efek tersendiri nantinya. Tidur ideal pada kondisi normal manusia, kata para ahli adalah antara 6-8 jam (cukup, tho?!)
Makan kebanyakan juga bikin kamu ngantukan, karena karbohidrat yang ada dalam makanan jika jumlahnya banyak akan membuat sel-sel tubuhmu kerja rodi untuk memprosesnya. Dengan begitu jelas akan butuh banyak energi untuk memprosesnya. Karena banyak energi yang telah terpakai buat proses tadi makannya kamu jadi gampang ngantuk.
Tekanan darah rendah. Ini biasanya banyak dialami kamu-kamu yang berstastus remaja putri. Penyakit ini memang menyebabkan kamu jadi loyo kayak 'gak punya semangat hidup, mudah lelah, mengantuk dantidak memiliki stamina yang cukup untuk melakukan aktivitas yang seabreng. Jangan biarkan keterusan, coba deh kamu periksaini ke dokter, makan-makanan yang bergizi dan seimbang serta olahraga secara teratur cukup 20 samapi 30 menit/hari dah cukup (ini bukan sembarang tips lho). Jika tekanan darah kamu dah balik normal, insya Allah rasa yang nguantuuuk pun hilang.
Tidak ada minat belajar. masalah ini banyak dijadiian alasan banyak pelajar. Masalah ini banyak dijadikan alasan bagi banyak siswa: "Males banger ni gue ngapalinnya! Soalnya gue dah 'gak suka ma pelajaran ni, bisa tamabah pusing deh otak gue!". Untuk ngatasin masalah yang kayak gini, coba deh kamu belajar unutk menyukai dari apa yang kamu suka dari pelajaran tersebut. Bisa juga dari gurunya yang mengajarkan, cara mengajarnya, pembawaan si guru tersebut dan lain-lain.  Jika belum muncul juga minat belajar kamu., maka coba lihat dengan mata-hati, pikirkanlah dengan jernih dan yakin bahwa kegagalan hanya akan menjadi sebuah penyesalan dan penyesalan tak pernah datang duluan. Yakin dan PD aja kamu sebenarnya bisa, hanya saja kamu kurang sedikit berusaha, ingat rumus usaha berbanding lurus dengan hasil yang dicapai! Carilah teman/partner yang suka dengan pelajaran tersebut karena terbukti belajar bersama dengan teman seperti ini akan menumbuhkan motivasi dan minatmu kembali, jangan malahan kamu minder en 'gak PD belajar bareng temen kamu yang pinternya beda tujuh lapis ma otak kamu, tapi... ada dua keuntungan yang bisa diraih: pertama, teman kamu tambah pinter karena dia secara 'gak langsung sudah menghafal pelajaran yang ditranslate ke kamu, yang kedua 'gak lain dan 'gak bukan ya kamu sendiri bisa ikut pinter plus tambah kritis jika kamu emang penasaran dengan apa yang kamu belum ketahui di pelajaran tersebut. Tahukah kamu bahwa Edison menemukan lampu pijarnya setelah melalui hampir 1000 kali kegagalan? Makanya kamu pun tidak perlu berputus asa.
Jadi kesimpulannya, berdoa itu sangat baik bahkan dianjurkan, tapi ... kalo ternyata ngantuknya kayak lagi doa, itu yang bikin masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;