Rabu, 10 Oktober 2012

Janganlah Lupa Berdoa Untuk Kedua Orangtuamu


Amal yang paling agung dilakukan oleh anak kepada orang tuannya, baik mereka masih hidup atau sudah meninggal, adalah berdoa dan memintakan ampunan untuk mereka. Doa dan permohonan dari seorang anak untuk orangtuannya dapat menggangkat derajat orangtuannya dan memupus dosanya. Mari kita simak hadis qudsi berikut ini.



Abu Hurairah menceritakan kepada kita bahwa Rasulullah SAW. Bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT. Mengangkat derajat seorang hamba yang saleh disurga. Kemudian orang itu bertanya, ‘Wahai Tuhanku, dari mana aku mendapat ini’ Allah berfirman,’Karena permohonan ampun dari anakmu.’Dia bertanya lagi,’Wahai Tuhanku, dari mana aku mendapat derajat ini?’ Allah berfirman, ‘Atas doa anakmu.’”1
Berdoalah engkau kepada Allah agar Dia menyayangi orangtuamu yang sudah tua atau yang sudah meninggal. Orang yang paling bahagia adalah anak yang mendoakan kedua orangtuannya. Dan, orang yang paling celaka adalah anak yang lupa mendoakan kedua orangtuannya.
Jadilah kalian anak yang senantiasa mendoakan orangtua, supaya mereka menyayangi kalian. Jika orangtua kalian sayang kepada kalian, Allah pun sayang pula kepada kalian.
Anak muslim yang baik akan berkata kepada orangtuanya dengan perkataan yang lembut, sopan, dan ramah.


Catatan akhir
1.    Hadis ini sahih. Ia dikeluarkan oleh Ibnu Majah (3660), Ahmad (2/509),dan Al-Baihaqi (9/79).

1 komentar:

  1. ok,klau ku habis sholat ku akan rajin baca doa untuk ORTU and friends ku yg seiman and setuhan.....(^_^):::'

    BalasHapus

 
;