Sabtu, 29 September 2012

Kalo Susah...Gak Usah Resah

Wah...luna gak bisa Bu, lagi pusing nih, mana besok mesti ulangan fisika, ngumpulin lapora-an pratikum, ehh..., ditambah ada tugas Pe-eR yang mesti dikumpulin,...bla...bla...bla”.
Kalau kamu sebel dan sengsara sama yang namanya PR, barangkali itulah sumber kegagalanmu selama ini.
Ingat sikap itu salah karena sebenarnya PR itu penting dan bermanfaat banget buat kmau. Nah, mengapa sih PR penting buat kamu? Ternyata harapan guru teryata diantaranya:

1.    PR mendorong kamu melatih kemampuan pelajaran kamu lebih dalam. Dengan latihan mmengerjakan PR sebenarnya kamu semakin lihai dengan soal-soal ujian nanti.
2.   PR membantu kau mengasah kemampuan mengatur waktumu dengan baik, jadi ini bagian dari menejemen yang jelas sangat bermanfaat.
3.    PR bikin kamu mengingat kembali bagian lalu yang mungkin sudah agak terlupakan.
4.  Kalau soalnya sama sekali baru dan belum diajarkan, PR itu akan menambah persiapanmu lebih awal, jadi saat sang guru mengajarkannya kamu bisa langsung paham. Dan tinggal menanyakan saja bagian yang belum kamu pahami.
5.    PR mengajari kamu hidup bertanggung jawab, mental dan sikap seperti ini sangat berpengaruh buat masa depanmu kelak.
6. Terus PR memberikanmu kesempatan untuk kreatif dan memperluas pembelajaran kamu dan memungkinkan selesainya tugas yang terlalu menyita waktu untuk dikerjakan selama jam sekolah biasa.

Masalah Solusi Seputar PR-mu
Beberapa hal yang biasanya kau jadikan alasan tidak mengerjakan PR. Apakah alasan ini tidak bisa diselesaikan?
1.    “Banyak hal lain yang harus aku kerjakan jadi aku nggak punya waktu untuk bikin PR dirumah?”.
2.    “Aku lupa perintahnya apa. Aku nggak paha maksudnya sih.”
3.    “Waduh buku PR-ku ketinggalan”.
4.    “Aku sudah berusaha keras menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan PR, tapi  masih saja nggak kelar, jadi aku frustasi”.
Apa ada gangguan yang bikin kamu nggak bisa kerja (telepon, berisik, interupsi)? Kalau masalahnya bukan pada gangguan itu, bicarakan dengan gurumu atau orang yang bisa membantu kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;